Minggu, 03 November 2013

Tulisan ke - 9



Mengendalikan Fungsi Manajemen
     A.    Tipe-tipe Kontrol
     Ada tiga tipe pengawasan atau pengendalian, yaitu :
      1.   Pengawasan atau pengendalian pendahuluan
Dirancang untuk mengantisipasi adanya penyimpangan dari standar atau  tujuan
dan memungkinkan koreksi dibuat sebelum suatu tahap kegiatan tertentu
diselesaikan.
      2.      Pengawasan atau pengendalian yang dilakukan bersama dengan pelaksanaan kegiatan.
Merupakan proses di mana aspek tertentu dari suatu prosedur harus disetujui
dulu atau syarat tertentu harus dipenuhi dulu sebelum kegiatan - kegiatan bisa
dilanjutkan, untuk menjadi semacam peralatan "double check" yang telah
menjamin ketepatan pelaksanaan kegiatan.
      3.      Pengawasan atau pengendalian  umpan balik.
Mengukur hasil-hasil dari suatu kegiatan yang telah diselesaikan.
Ada beberapa tahap proses pengawasan antara lain:
1.       Penetapan standard kegiatan.
2.       Penentuan pengukuran kegiatan.
3.       Pengukuran pelaksanaan kegiatan nyata.
4.      Membandingkan pelaksanaan kegiatan dengan standard dan penganalisaan penyimpangan-penyimpangan.
5.      Mengambil tindakan pengoreksian bila dianggap perlu.
Permasalahan yang dihadapi oleh eksekutif dalam pengawasan karena harus
melakukan koordinasi terhadap tiga komunikasi, koordinasi, dan kerjasama
sangatlah vital, sehingga diperlukan sekali perhatian terhadap masa1ah orang dan
cara pengawasan terhadapnya (cara kerja dan sikapnya).
      B.     Kontrol  Proses Manajemen
Terdapat beberapa definisi mengenai proses, antara lain :
A.    Merupakan konsep pokok dalam sistem operasi, sehingga masalah manajemen proses adalah masalah utama dalam perancangan sistem operasi.
B.     Proses adalah program yang sedang dieksekusi.
C.     Proses adalah unit kerja terkecil yang secara individu memiliki sumber daya dan dijadwalkan oleh sistem operasi.
Proses pengendalian dilakukan secara bertahap dengan langkah-langkah berikut :
      1.      Menentukan standar-standar yang akan digunakan dasar pengendalian.
      2.      Mengukur pelaksanaan atau hasil yang telah dicapai.
      3.      Membandingkan pelaksanaan atau hasil dengan standar dan menentukan penyimpangan bila ada.
      4.      Melakukan tindakan perbaikan, jika terdapat penyimpangan agar pelaksanaan dan tujuan sesuai dengan rencana.

Sumber :
K, Soekarno. (1986). Dasar Dasar Manajemen. Jakarta : Miswar.
Panglaykim, j & Tanzil, hanzil. (1981). Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Kadarman, A.M. et.al. 1996. Pengantar Ilmu Manajemen. Jakarta, Gramedia.
H. Moh. Isa. 1980. Beberapa Bacaan tentang Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Latihan Pegawai Depkes RI.
Azrul Azwar. 1988. Pengantar Administrasi Kesehatan. Edisi kedua. Jakarta: PT. Bina Rupa Aksara.
Herujito Yayat, M. 2001. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Grasindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar